Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus Tarungnya

Ciri ayam bangkok yang bagus - Bagi anda penggemar yang sangat setia dengan salah satu jenis peliharaan ayam berjenis Bangkok atau jenis petarung lainnya pastilah sangat memahami bagai mana mengetahui ayam bangkok yang berkualitas bagus , kualitas biasa , kualitas jelek dan bahkah ayam bangkok KW yang sering dijual oleh para blantik.

Dengan cara melihat atau memantau secara fisik para penggemar ayam biasanya sudah mengetahui dan mendeskripsikan ayam tersebut memiliki kualitas yang bagaimana. Namun dengan cara tersebut tidak menjamin 100% kebenaran kualitas yang diharapkan. Mayoritas orang memilih ayam dengan melihat bentuk fisik calon ayam yang akan dibeli sudah bisa mengetahui kedepannya ayam tersebut mampu berkompetisi atau tidak.

Cara memilih ayam bangkok yang bagus tarungnya

Ciri Ayam Bangkok Yang Bagus 


Berikut ini kita bisa mengetahui beberapa contoh standar pengamatan yang memenuhi syarat ayam dalam kemampuan tarung yang hebat, diantaranya :

1. Ciri Bagian Kepala

Bentuk kepala yang kita amati dan kita pilih sebaiknya ayam yang memiliki kepala kecil sebesar buah pinang, sesuai pengalaman para penggemar setia ayam bangkok, kepala ayam dengan bentuk besar biasanya lebih bodoh dengan ayam yang memiliki bentuk sekecil buah pinang. Ayam yang memiliki kepala lebih kecil selalu lebih cerdik saat bertarung di laga pertandingan aduan.

2. Ciri Bagian Jengger

Dengan milihat bentuk besar kecilnya jengger yang dimiliki ayam kita bisa juga mengetahui gaya bertarungnya. Ayam yang memiliki jengger besar biasanya memiliki gaya bertarung yang kalem sehingga kalo menemui lawan yang agresif sering kali pukulan lawan masuk terkena kepala. Ayam bangkok memiliki jengger kecil biasanya menandakan ayam tersebut memiliki gaya tarung yang agresif dan gesit sehingga soal mental biasanya lebih unggul dari lawan.

3. Ciri Bagian Leher

Hal yang sangat berpengaruh besar dalam tarung aduan ayam biasanya di bagian lehernya. Apabila ayam memiliki tulang leher yang lebih besar biasanya gaya bertarungnya lebih monoton sehingga sering terbaca oleh lawan bertarungnya. Namun berbeda dengan ayam yang memiliki pertulangan leher yang lebih kecil. Ayam yan memiliki pertulangan leher kecil biasanya pergerakan teknik kuncian yang baik, dikarenakan pergerakannya sangat ringan dan luwes sehingga farisai gerakan kuncian mudah dilakukan oleh ayam jenis bentuk tulang leher kecil.

4. Ciri Kulit Muka

Ciri ayam bangkok yang bagus juga bisa terlihat dari bentuk kulit muka yang dimiliki ayam. Kulit muka yang lebih tebal dan berkerut mencerminkan ayam sangat tahan terhadap pukulan dari lawan dan jarang tumbang dengan tempo tarung yang agak lama. Berbeda halnya dengan ayam memiliki kulit muka yang lebih tipis, ayam dengan kulit muka lebih tipis memang biasaya lebih kesit namun apabila terkena pukulan dari lawan secara bertubi-tubi akan cepat timbul luka dan ayam mudah tumbang.

5. Ciri Tulang Dada.

Untuk mengetahui ciri ayam bangkok yang bagus dengan cara lainnya yaitu kita melihat struktur pertulangan pada dada ayam tersebut, Kalau kita perhatikan tulang dada ayam ada dua tipe panjang dan pendek. Yang tipe tulang panjang menandakan bahwa ayam tahan terhadap pukulan dari lawan tarung , cara ayam tersebut juga memiliki pukulan yang lebih keras terhadap lawan. Tipe kedua yaitu pertulangan dada yang pendek, tipe tulang dada yang pendek ini bisa menandakan bahwa ayam memiliki kelebihan cara pukul lawan yang lebih akurat, namun ketahanan ayam saat mendapatkan pukulan dari lawan lebih jelek dibanding dengan ayam yang memiliki tulang dada panjang.

7. Ciri ayam dari bentuk tubuh

Bentuk tubuh ayam yang tepatnya dilihat dari posisi tegap saat berdiri,sudah bisa kita prediksi gaya bertarungnya saat laga, biasanya kalau ayam dengan posisi berdiri selalu tegap dengan kemiringan sekitar 45 derajat lebih menandakan ayam tersebut saat tarung dominan bermain di atas , sebaliknya ketika posisi ayam yang kalau berdiri bentuk tubuhnya miring sekitar 45 derajat kurang menandakan ayam tersebut gaya tarungnya sering di bawah.

8. Ciri ayam bangkok bagus ketika dilihat dari ekor

Pada ekor ayam para ahli seringkali menyebutkan bahwa ayam yang memiliki ekor lebih pendek mempunyai kebiasaan seni bertarung yang lebih gesit dan lebih cepat dibandingkan ayam bangkok yang memiliki ekor panjang. Ayam bangkok berekor panjang seringkali menunjukkan gaya bertarung yang lebih lembut dan kalem . dan apabila menemui lawan yang lebih gesit akan dihujani serangan bertubi-tubi.

Cara memilih ayam bangkok yang bagus untuk tarung
Cara memilih ayam bangkok yang bagus


Baca juga : Cara memilih anakan ayam bangkok keturunan asli 
                   Cara memandikan ayam bangkok yang benar sesuai cara-cara internasional
                   Tips membuat kandang ayam bangkok yang baik untuk kesehatan dan kualitas ayam 

Sebagai pengetahuan kita juga , ada beberapa jenis warna bulu yang dimilki ayam bangkok dan para penggemar memiliki sebutan tersendiri di setiap warna bulunya misalnya :

# Wiring : warna dasar bulu ayam tersebut hitam dan memiliki bulu rawis juga ekor dengan dasar warna kuning kemerahan

# Wangkas : Warna dasar bulu ayam ini hampir memiliki kesamaan dengan warna rawisnya yaitu , dengan warna kuning kemerahan.

# Jregem : Warna dasar bulu ayam tersebut adalah hitam

# Putih : Seperti namanya , bulu ayam bangkok ini dominan putih dari ujung kepala sampai kaki

# Klawu : Klawu ini merubakan bahasa jawa dan kalau bahasa Indonesianya yaitu abu-abu, sehingga ayam tersebut warna dominan abu-abu

# Blorok : Warna blorok ini banyak macamnya, tapi definisinya yaitu warna bulu bertotol- totol denganberagam jenis warna dari hitam,puti,merah kuning dan lainnya.

Dari jenis-jenis warna diatas memang ada yang menyebutkan berpengaruh dengan gaya kebiasaan saat tarung dan ada juga yang menyebutkan tidak berpengaruh dengan kemampuannya. Untuk warna memang banyak yang sering memilih kombinasi hitam dan merah yang sering diunggulkan dan sering juara.

Setelah kita berhasil memilih ayam bangkok yang bagus agar lebih menunjang dan unggul juara sebaiknya kita lakukan langkah penunjangnya yaitu dengan cara pearawatan. Perawatan itu diantaranya adalah:
- Pemberian pakan yang berkualitas termasuk pemberian fitamin dan pengobatan yang terukur

- Memandikan ayam bangkok secara rutin dan secara hati -hati supaya performa saat bertarung bisa maksimal

- Memberikan latihan secara rutin supaya otot,fisik dan teknik tarung ayam bisa meningkat kualitasnya, dan apabila kita melatih tarung dengan ayam lain, sebaik nya memilih lawan dengan ayam lokal ,karena apabila ayam kita terkena pukulan dari ayam lokal yang powernya lebih kecil dibandingkan ayam bangkok tidak akan membuat luka atau cacat. serta bisa membiasakan ayam supaya tangkas menangkis serangan lawan tarung.

Hal- hal tersebut diatas adalah beberapa tips andan bagi penggemar baru ayam bangkok sehingga tidak salah pilih saat membelinya di pasaran hewan. Karena kalau kita tidak mengetahui cara pilihnya dipastikan kita akan tertipu memilih ayam idaman , bahkan bisa juga kita salah memilih ayam bangkok dari keturunan campuran yang jelas-jelas gaya dan kemampuan tarungnya jauh lebih kurang dibanding dengan ayam keturunan bangkok asli.