Cara Plester Bata Ringan Dengan Pasir

Cara plester bata ringan - Biasanya bata ringan orang awam menyebut dengan sebutan bata hebel , yang menurut pengamatan para produsen hebel ini setiap hari semakin banyak peminatnya. Hal tersebut kemungkinan dipengaruhi beberapa hal tentang kelebihan bata ringan itu sendiri.
Bata Ringan atau hebel ini terbuat dari beberapa bahan seperti campuran pasir silica,semen,kimia busa dan air. Bahkan ada juga yang berbeda tentang komposisi pembuatannuya yaitu dengan menggunakan campuran gypsum , kapur dan pasta alumunium.
Mesin yang dipergunakan untuk mencetak bata hebel diantaranya: mesin foam generator dan mesin molen.
Proses produksi pembuatan bata ringan hebel yaitu bahan semen yang sudah disiapkan dicampur pasir silica juga air menggunakan mesin molen, setelah dipastikan campuran tersebut tercampur dengan baik kemudian masukkan kedalam mesin foam generator yang sebelumnya sudah kita beri bahan kimia busa. Setelah adonan benar-benar merata maka kita sudah siap untuk mencetak bata ringan sesuai spesifikasi ukuran tertentu sesuai kebutuhan dan berlanjut dengan di oven sampai benar-benar kering.
Ukuran Spesifikasi bata ringan sesuai standart pasaran yaitu :

Panjang : 600 mm
Lebar/tebal : 75 - 175 mm
Tinggi : 200 mm
Berat Jenis saat kering : 500 kg/m3
Berat Jenis Saat basah : 600 kg/m3
Daya hantar panas : 0,195 W/m3
Kuat tekan : 40 kg/m3

Kelebihan dan keuntungan kita saat menggunakan bata ringan :
1. Berbobot ringan ( mengurangi daya beban bangunan tertanggung saat mendesain bangunan bertingkat )
2. Tidak perlu membuat banyak adukan sebagai perekat antar bata ringan
3. Lebih tahan air saat musim penghujan
4. Proses pemasangan yang relatif lebih cepat dibanding menggunakan batu bata jenis lain sehingga menghemat biaya tenaga tukang
5. Kemampuan tahan tekanan tinggi dibandingkan dengan jenis batu bata yang lain , misalnya gempa bumi.
6. Kualitas dan ukuran dapat mendekati semua rata-rata sama.
7. Memiliki kemampuan peredam atau kedap suara yang baik.

Untuk anda yang mau memulai membuat bangunan rumah, hotel ,apartemen , gedung bertingkat, pagar taman, garasi ataupun bangunan yang lain alangkah baiknya anda sudah merencanakan bahan bangunan tersebut dengan bahan bata ringan . Jangan kita kaku dalam menentukan matrial bakalan bangunan kita yang seringnya masih terpengruh terhadap tradisi menggunakan batu bata merah atau batako yang kalau kita kalkulasikan keuntungan serta kelebihannya jelas-jelas menggunakan bata ringan atau hebel.

Baca Juga  : Cara Membuat Bata Ringan Berkualitas
Produsen bata ringan disekitar kita juga sudah banyak dan beberapa merek yang sering kita jumpai yaitu diantaranya :
- Merk Citicon
- Merk Grand Elephant
- Merk Focon
- Merk Priority one
- Merk Gracon
- Merk Hebel
- Merk ICC
- Merk Brix
- Merk Blesscon
- Merk Bricon
- Merk Optima
- Merk Utomo
- Merk Eco block
- Merk Great Wall
- Merk Voscom
- Merk Mercusuar
- Merk Leibel
- Merk Super block

Bata ringan merupakan jenis matrial trobosan baru yang sering di gandrungi para kontraktor, yang kelebihannya sangat cocok bagi mereka yaitu proses pemasangan yang cepat dan menghemat waktu , ringan dalam konstruksi, pemasangan yang tidak rumit serta kualitas bangunan yang tercipta sangat baik dibandingkan kalau kita menggunakan matrial bahan batako ataupun bata merah.

Bata ringan merupakan matrial yang tahan api selama kurang dari 4 jam sehingga aman untuk dalam kondisi antisipasi apabila suatu saat terjadi kebakaran. Kemampuan bata ringan yang lain yaitu Insulansi yang tinggi yaitu menjaga ruangan tidak terasa panas, sehingga sejuk dan nyaman untuk disinggahi ,cocok untuk pabrik, dan tempat usaha yang lain.

Pada dinding jenis bahan yang selain bata ringan sering kita jumpai jamur yang melekat di dinding dan apabila kita lakukan pengecatan hasilnya kurang baik. Berbeda dengan kita memilih menggunakan bata ringan , jamur di dinding tidak akan tumbuh, bahkan air pun tidak bisa meresap di dinding.
Bata ringan kalau kita amati di setiap buahnya terdapat pori-pori kecil seperti spons sangat baik sebagai peredam suara dari dalam ataupun luar ruangan sehingga tetap tenang apabila kebetulan mendirikan ruangan di dekak jalan raya, pabri, ataupun bengkel. Dengan bata ringan kita bisa mengemat waktu pemasangan sebanyak 3x lipat dari pemasangan menggunakan bata merah biasa.
Apabila anda memiliki anak yang masih kecil sangat baik tentunya bata ringan ini diterapkan karena serangga ataupun hewan kecil lainnya tidak mampu melubangi konstruksi dari bata ringan ini, Pemasangannya menggunakan semen instan sperti pembuatan mortar sehingga anda bisa pangkas pembelian berkubik-kubik pasir dan anda pasti sangat senang menghemat biaya.


Tips Cara Plester Bata Ringan Yang Baik ;

Cara plester bata ringan
Cara plester Bata Ringan

A. Bersihkan terlebih dahulu dinding dari kotoran maupun debu sekecil apapun itu supaya plester merekat kuat

B. Dinding bata ringan bersifat kapilaris yaitu menghantar air , maka dari itu kita perlu menyiram dengan air hingga benar- benar basah.

C. Adonan semen dan ayakan pasir harus kita banting atau lempar dengan keras ke permukaan dinding sehingga menempel dengan baik, tidak perlu tebal dahulu, sebaiknya cukup tipis-tipis saja.

D. Kita bisa menunggu nya selama kurang lebih 24 jam tanpa kita lakukan perapian hasil cipratan dan bantingan adukan ayakan dan pasir tadi.

E. Setelah 24 jam cipratan adonan di dinding tadi sudah benar-benar kering maka kita lanjutan dengan pemlesteran seperti biasa yang sama kita lakukan pada dinding jenis bahan bata lain.

F. Saat kita sudah plester dengan baik dinding tadi maka kita lakukan pengacian dengan menambah campuran semen mill dengan tujuan acian cepat kering

G. Apabila anda menginginkan proses plester dinding ini cepat dilakukan tanpa menunggu 24 jam maka kita harus membeli obat campuran adonan pasir dan ayakan semen. Dan tanpa menunggu 24 jam dinding bisa langsung diplester tanpa khawatir plesteran terkelupas.