Cara Cek Dipstick Oli Mobil Yang Mudah

Cara cek dipstick oli mobil - Untuk memantau kondisi performa mobil anda tidak perlu repot pergi jauh-jauh atau mengeluarkan biaya yang mahal apabila mengetahui cara yang praktis dan tanpa memerlukan alat yang banyak. Komponen yang paling penting dalam kinerja mesin anda yaitu oli mesin. Dalam menjaga performa mesin yang sangat baik setidaknya anda harus melakukan penggantian oli setiap 5000 km atau melihat aturan dari pabrikan resminya untuk tiap penggantian oli.

Sebenarnya mesin mobil tetap dapat bekerja walaupun tidak diberikan oli, namun kinerjanya tidak bisa berlangsung lama karena pergerakan setiap komponen mesin akan mengalami saling bergesekan dan timbul panas. saat itu terjadi akan terjadi keausan,patah ataupun pecah disetiap komponennya dan mesin mobil akan mengalami kemacetan.

cara cek dipstick oli mobil yang mudah
cara cek dipstick oli mobil



Untuk menghindari hal tersebut terjadi pada mobil anda tentunya kita jangan ambil resiko menunggu kerusakan pada mobil kita dengan pembiayaan perbaikan yang tidak sedikit. Kita dapat antisispasi dengan secara rutin melakukan pengecekan oli yang terdapat di mesin. Ada beberapa cara yang bisa kita pakai untuk mengontrol kondisi oli tersebut, diantaranya :


Cara Cek Dipstick Oli Mobil Anda

1. Cara cek oli mobil dengan melihat lampu indikatornya

Apabila kita mau menghidupkan mesin mobil lampu indikator akan mati dalam waktu 3 detik maka dapat disimpulkan kondisi oli mobil anda dalam kondisi yang baik, Namun ketika kita lihat lampu indikatornya masih menyala saat mesin dihidupkan lebih 3 detik saat mesin mobil dinyalakan maka kita perlu memeriksa kemungkinan bisa isi oli mobil kita dalam kondisi yang kurang dan perlu tindakan penambahan.

2. Memantau Dipstik oli di bagian mesin.

Cara ini lebih akurat dan dapat mengerti kondisi sebenarnya tidak hanya jumlah banyaknya oli yang terdapat di mesin namun juga bisa mengetahui kekentalan oli mobil masih layak atau tidak supaya bisa dilakukan tindakan penggantian oli. Cara mengecek dipstik olinya kita bisa dengan cara menghentikan atau parkir pada bidang yang rata kurang lebih selama 15 menit sehingga kondisi mesin mendingin. Berlanjut dengan cara buka kap mesin mobil dan cari posisi dimana dipstick oli berada, biasanya terdapat pada atas blok mesin dan mudah untuk dijangkau tangan. Setelah kita tau posisinya maka kita siapkan kain lap untuk membersihkan dipstick saat pertama di ambil, kemudian masukkan kembali ke mesin dan tarik lagi ke luar , dengan ini kita bisa membaca kondisi oli mobil kita dengan cara melihat tulisan di ujung dipstick yang bertanda F Dan E yang artinya FULL dan Empty . Saat kita melihatnya dipstik jangan dibalik pastikan ujungnya pada posisi atas karena kondisi level oli pada ujungnya. Level oli yang terdapat pada dipstick yaitu tiga kondisi, yaitu :

a. Oli rendah , kondisi ini dilihat dari posisi oli di garis L(low) yanng diartikan kondisi oli mesin mobil kita kurang dan memerlukan penambahan lagi. Kekurang oli ini dapat disebabkan beberapa hal, misalnya ada bocoran/rembesan oli disekitar mesin, bahkan bisa terjad karena ring piston yang sudah aus sehingga oli ikut terbakar diruang pembakaran piston.

b. Oli dalam kondisi normal , yaitu oli terpantau pada dipstick pada garis diantara F dan L ,sehingga kondisi oli mobil kita tidak dalam masalah

c. Oli mesin berlebihan , yaitu oli tergaris pada dipstick di huruf F(full). Kondisi oli yang berlebihan pada mobilpun pengaruhnya tidak baik terhadap performanya disebabkan poros-poros mesin juga ikut terendam oli sehingga menyebabkan mesin terasa berat.
cara cek dipstick oli mobil praktis dan mudah
Membaca level dipstick oli mobil
                    Biaya servis motor injeksi 

Dengan cara tersebut di atas kita bisa lakukan pada beberapa tipe mobil misalnya, Avanza,xenia,honda jazz,innova,panther ,apv dan bahkan mobil matic. Hal lain yang perlu diingat ketika melihat oli yang terpampang pada dipstik kita pantau kondisi warnanya apabila sudah terlalu hitam berarti kita harus segera menggantinya. Karena kondisi yang sudah sangat hitam itu menandakan oli sudah kotor dan tidak layak.