Tips Kandang Ternak Ayam Bangkok

Kandang merupakan salah satu prasarana vital bagi peternakan hewan apapun,hal ini bisa sangat mempengaruhi sukses atau tidaknya ternak ayam yang dijalani. Efek dari kandang yang bisa kita lihat langsung diantaranya, kesehatan ayam, kesehatan peternak,bisa juga keamanan dari pencurian, dan masih banyak lagi hal yang bisa dipengaruhi dari kandang ternak. Dalam pembuatan kandang ternak ayam bangkok sebaiknya kita melihat dari beberapa aspek yang ditimbulkan tadi supaya lebih efektif dan hasil yang kita harapkan dari ternak dapat tercapai maksimal.

Baca juga : Cara memilih bibit anakan ayam bangkok yang asli
                    Cara memilih ayam bangkok yang bagus untuk tarung
                    Cara memandikan ayam bangkok yang benar secara teknik internasional

Dalam breeding sendiri,kandang ayam berperan untuk tempat hidup ayam dan pembesaran anakan ayam bangkok. Hal-hal yang harus terpenuhi daam pembuatan kandang ada beberapa poin-poin penting dan kriteria. Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Kriteria Kandang Ternak Ayam Bangkok Yang Baik


Untuk pemenuhan kebutuhan ternak ayam,salah satunya dari segi kandang maka kita sediakan tempat hidup yang bisa dijadikan perlindungan ,keamanan, dan kenyamanan sehingga ayam bangkok tidak stres selama di dalam kurungan kandang. Dalam memenuhi hal tersebut tentunya dibutuhkan suatu lokasi peletakan kandang yang ideal dengan beberapa kriteria sebagai berikut ;

A. Dalam pemilihan kontur tanah,usahakan pemilihan bidang yang rata kalau bisa dikelilingi berbagai pepohonan supaya sirkulasi udara yang baik dapat dirasakan langsung oleh ayam

B. Lokasi yang kaya terkena cahaya matahari yang baik untuk pertumbuhan pertulangan,Atah kandang menghadap sinar matahari di pagi hari, serta sejalur arah mata angin mengingat ayam bangkok yang berkualitas baik memiliki pertulangan yang kuat dan keras dan terhindar dari penyakit menular yang terbawa angin.

C. Memiliki lokasi sanitasi air yang baik juga lancar, sehingga apabila hujan turun tidak menggenangi kandang

D. Lokasi kandang sebainya berjarak kurang lebih 5 meter dari sekitar bangunan rumah,ataupun jarak antar kandang

E. Kalau bisa sediakan lokasi kandang yang dekat rerumputan. Ketika ayam bangkok dilakukan pengumbaran ayam bisa sambil memakan rerumputan sebagai pengganti makanan berserat bagi ayam.

F. Berikan sekitar kandang dengan pagar ,bisa permanen ataupun semi permanen supaya terhindar dari pencurian. Ayam bangkok mempunyai nilai ekonomis yang tinggi yang sering dicuri sehingga sebaiknya kita antisipasi terlebih dahulu.

Dari kriteria di atas belum lengkap apabila kita tidak mengetahui beberapa tipe kandang ayam bangkok apa saja yang baik untuk peternakan. Nah kita langsung saja baca beberapa tipe kandang ayam bangkok di bawah ini.

Kandang tenak ayam bangkok


Tipe-tipe Kandang Yang Baik Untuk Ayam Bangkok

A. Tipe Kandang Umbaran : Kandang umbaran ini baik nya dibuat dengan ukuran panjang 1,5 meter tingginya 2,5 meter sedangkan berlebar 1 meter. Kita beri alas kandang umbaran dari bahan tanah yang diberi campuran pasir.Fungsi campuran pasir sebagai pembentukan struktur jari-jarinya. Kandang umbaran merupakan salah satu jenis tipe kandang multifungsi,yaitu bisa sebagai pembesaran anakan ayam bangkok yang berumur 1,5 sampai dengan 3 bulan, sebagai tempat perkawanin indukan, atau juga yang bagi penggemar ayam aduan bisa digunakan sarana latihan.

B. Tipe Kandang Tidur :Tipe kandang tidur ini sesuai namanya difungsikan sebgai tempat tidur ayam ketika malam hari menjelang, Ukuran kandang tidur yang baik biasanya tingginya 1,5 meter,dan kita bisa susun menjadi 2 lantai atau lebih. Jarak alas kandang dan tanah skitar 0,5 meter supaya ayam bangkok tidak kedinginan dari temperatur tanah dimalam hari.

C. Tipe Kandang Postal : Tipe kandang ini lebih tepat digunakan untuk pembesaran anakan ayam yang baru menetas. Ukuran tipe kandang postal memang lebih kecil biasanya berukuran panjang 1 meter,tinggi 1 meter dan lebar 0,8 meter. Untuk menjamin keamanan anakan ayam dari serangan hama tikus yang sering memangsa anakan ayam, kita buat ram antar bambu lebih rapat sehingga tikus tidak bisa menjangkau anakan ayam, atau lebih baik lagi dirangkap menggunakan kawat ram.

Baca juga :  Cara membuat kandang ayam petelur sederhana tetap produktif

Dari tipe-tipe kandang diatas tentunya membutuhkan wadah pakan dan wadah air,kita letakkan wadah-wadah tersebut secara menggantung yang bertujuan air dan pakan ayam tidak diinjak-injak dan terkena kotoran ayam itu sendiri yang biasanya bisa ikut termakan ayam. Hal ini penting karena kebersihan pakan bisa berpengaruh dari kesehatan ayam bangkok itu sendiri. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang yaitu bahan matrial pembuatan kandang. Pilihlah matrial pembuat kandang yang kokoh tidak rapuh serta tidak membahayan ayam bangkok anda. jangan sampai kita membuat kandang ternak ayam bangkok skala besar yang berupa gedung,ternyata atap atau dinding-dindingnya rubuh menimpa ternak ayam kita.
Tips membuat kandang bebek supaya tidak stress 

Kandang ayam bangkok untuk tarung


Diatas merukana sedikit ulasan yang bisa bermanfaat bagi anda untuk memulai bisnis ternak ayam bangkok yang memiki ekonomis tinggi,ataupun ternak hanya sebagai hobi.