Urutan Pengecatan Mobil

Apabila anda seorang yang ingin berkreasi ataupun belajar dalam memperbaiki body mobil ,maka alangkah baiknya mempelajari step by step langkah yang harus dilakukan perbaikan body mobil tersebut supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Kali ini kita kan bersama-sama mempelajari perbaikan pada tahap permasalahan pengecatan ulang sesuai urutan pengecatan mobil yang benar. Urutan tersebut akan kita bahas satu- persatu diantaranya :
1. Mempersiapkan Permukaan
2. Pendempulan
3. Pengoprasian pengecatan
4. Pengecatan akhir

Dari keempat urutan pengecatan mobil tersebut kita harus memperhatikan dengan teliti dan detail memaksimalkan setiap langkahnya agar cat mobil yang dihasilkan terlihat bagus,halus,warna tidak belang serta kualitas yang baik tercapai.

Mempersiapkan Permukaan 


Proses mempersiapkan permukaan bidang mobil ini sangat penting yang bisa dianggap sebagai pondasi dasar pengecatan karena apabila bidang yang kita persiapkan masih kotor berkarat,
terdapat lemak atau jenis kotoran lainnya maka hasil pengecatan sering mengalami kegagalan ,permukaan body yang tidak rata,kehalusan cat yang kurang,dan lain-lain.
Biasanya kotoran yang menempel pada body bisa dihilangkan dengan menggunakan zat kimiawi yaitu teknik pengasaman atau sering disebut pickling,caranya dioleskan pada body.
Pengasaman ini bertujuan untuk mencegah korosi atau karatan pada besi atau logam mobil.

Ketika proses pengasaman sudah dilaksanakan,maka komponen-komponen dicuci kemudian dikeringkan secara cermat untuk membersihkan senyawa-senyawa kimiawi yang masih aktif menempel, agar cat dapat menempel body secara kuat. Cara lain dalam urutan pengecatan mobil tahap persiapan membersihkan body yaitu kita sediakan amplas serta semprotan air sebagai pembasuh depu serta jenis kotoran lain yang bisa larut dengan air.

Penggunaan amplas untuk pembersihan karat bisa memilih ukuran kekasaran 150,setelah proses pengamplasan lakukan pembersihan serbuk debu amplas dengan multi thinner berlanjut pengeringan,
Ketika sudah dipastikan kering maka kita lakukan proses pemoksian ,dengan poksi primer.Campuran poksi primer ini kita harus sesuai takarannya yaitu 1:5:1,5 ,keringkan
hasil poksian selama skitar 1 hari.


Proses Urutan Pendempulan


Fungsi dempul yaitu sebagai bahan pengisi body mobil yang berlubang atau tidak rata akibat korosi ataupun sebab lainnya,Tipe dempul yang dipergunakan harus disesuaikan dengan jenis kedalaman penyoknya suatu body mobil.Jenis-jenis dempul tersebut diantaranya:
1. Polyster putty atau dempul plastik
2. Epoxy putty
3. Lacquerputty

Polyster putty merupakan jenis dempul memiliki kandungan extender pigment yang membentuk coat yang tebal serta gampang untuk diamplas,biasanya menghasilkan tekstur yang kasar.

Epoxy putty yaitu dempul yang dipergunakaan mesin part,karakteristiknya adalah pembentukan,pengeringan dan pengamlasan lebih buruk dari jenis dempul polyster

Laquer putty dempul ini dipergunakan mengisi goresan kecil ataupun lubang kecil yang terdapat pada mobil setelah surfacer.

Proses pengecatan mobil pada tahap urutan pendempulan kita lakukan ketika permukaan sudah dibersihkan dari debu,minyak gemuk,air dan kotoran lainnya.Kita campur dempul dengan
hardener khusus untuk dempul sebanyak 2% Kemudain kita lakukan pengulasan secara merata bertahap dari tipis-tipis ,perlu diingat dan dipahami ketebalan demput pada body maksimal setebal 5mm, setelah itu kita keringkan dempul secara alami ataupun di oven dengan suhu  500c selama 10 menit. Ketika dempul tadi sudah benar-benar kering maka kita lanjutkan urutan pengamplasan secara halus  dan diratakan sesuai betuk body mobil seperti pada awalnya, Pakailan amplas dempul berukuran no : 320 atau 400

Tahap Pengoprasian Pengecatan


Setelah proses pendempulan sudah diselesaikan maka kita pastikan sudah mebersihkan serbuk debu yang tercipta dari pengamplasan finishing dempul tadi,supaya permukaan body dpat terkena cat dengan baik dan halus.
Berlanjut pada tahap pengecatan menggunakan spray gun yang juga membutuhkan kesabaran dan ketelitian,sedikit tips supaya pengorasian spray gun tidak mudah cepat lelah kita harus kondisikan tubuh kita dalam posisi yang rileks,biasanya spray gun ditahan menggunakan ibu jari , telunjuk dan kelingking . Trigger ditarik menggunakan jari tengah dan jari manis,usahakan tangan kiri tidak memegang bahu atau pundak atau lengan menahan spray gun nya agar gerakan bisa luwes tidak kaku serta tidak mudah capek.

urutan pengecatan mobil

Urutan pengecatan mobil berikutnya yaitu proses menggerakkan spray gun . Agar hasil cat yang indah,rapi,rata dan bagun ini kuncinya terletak pada proses menggerakkan spray gun.
Hal yang harus diperhatikan dalam proses menggerakkan spray gun diantaranya yaitu :
a. Jarak spray gun terhadap bodi mobil
b. Sudut spray gun
c. Kecepatan ayunan langkah
d. Pola tumpang tindihnya cat oleh operator spray gun / Overlaping

Overlapping merupakan suatu teknik untuk pengecatan pada permukaan benda kerja pada proses pertama pengecatan dan urutan proses pengecatan berikutnya warnanya masih nyambung.
Overlaping ada dilakukan pada bidang vertikal,horizontal dan bidang permukaan sambungan,Tujuan overlapping adalah :

- Menghindari terjadinya cat tipis
- mengindari perbedaan warna atau belang
- Memperoleh ketebalan lapisan cat yang merata

teknik pengectan mobil yang benar

Baca juga : Cara cat mobil yang mudah dan benar 
                    Cara balancing ban mobil

Urutan Pengecatan Akhir


Pengecatan akhir merupakan sebuah finishing dari urutan perbaikan body mobil,fungsinya bisa sebagai perlindungan permukaan cat dan menciptakan keindahan dalam penampilan corak
warna kendaraan. Supaya finishing ini menghasilkan yang sempurna maka diperlukan kehati-hatian dalam melakukannya.perlu diperhatikan saat kita ingin melakukan proses pengecatan mobil sebaiknya digarap pada ruangan yang terlindung dari hembusan angin kencang atau panas dan hujan.


Pengecatan Warna Solid 

1. Proses penyemprotan dilakukan sebanyak 3-5 lapisan top cat solid yang sebelumnya sudah kita encerkan dengan tempo pelapisan antara lapisan satu dan lainnya sekitar lebih dari 4 menit

2. Biarkan kering dengan sendirinya atau bisa menggunakan bantuan sinar infra merah dengan suhu 40 derajat selama sekitar 15 menit

3. Kita lakukan proses pemolesan setelah kurang lebih 5 jam dari proses pengeringan

Pewarnaan Cat Metalic

Caranya hampir sama dengan urutan pengecatan mobil warna solid,yang membedakan adalah kita amplas dahulu menggunakan ukuran amplas 1500 sebelum pengecatan metalik disemprotkan kemudian membersihkan permukaan dengan top coat, kain lap sebagai penarik debu berlanjut penyemprotan 2-3 lapis clear atau gloss yang sebelumya sudah kita campur menggunakan hardener. Pelapisan warna bisa dikasih tempo 3-5 menitan.