Teknik Jitu Menanam Tanaman Bonsai

Untuk anda para penggemar tanaman terutama tanaman hias, pasti anda sangat tertarik dengan tanaman bonsai. Tanaman ini terbilang sangat unik karena bisa dibentuk sesuai selera atau imajinasi pemiliknya. Padahal jika dilihat hanya sebuah tanaman biasa. Namun di tangan para peminat tanaman hias pasti bisa berubah menjadi tanaman yang bernilai seni tinggi. Bahkan jika dijual pun bisa bernilai tinggi.

Baik, untuk anda para pemula pasti masih bingung apa saja macam-macam tanaman yang bisa dibuat menjadi bonsai dan bagaimana teknik jitu menanam tanaman bonsai supaya terlihat indah.
Di Indonesia merupakan negara dengan musim tropis yang sangat banyak beraneka ragam jenis tanaman. Maka dari itu, menanam tanaman bonsai yang ada di negara kita tidak bisa dipandang sebelah mata karena keunikan dan keeksotisannya yang tidak kalah dengan tanaman yang tumbuh di negara subtropis seperti Cina, Jepang atau negara-negara lainnya bagian barat. Untuk menanam tanaman bonsai memang harus disesuaikan dengan wilayah habitatnya. Karena supaya tanaman bisa tumbuh dan berkembang baik.

teknik menanam bonsai pohon beringin dan serut


Adapun jenis-jenis tanaman di Indonesia yang cocok dijadikan bonsai, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pohon Asam 

Nilai plus pada pohon asam ini dapat dijadikan bonsai karena akar dan batangnya yang keras dan kokoh sehingga tampak tua. dari pohon asam ini pun juga bermacam-macam yaitu :

- Asam jawa ( Tamarindus indica )
Tanaman ini dapat tumbuh tinggi mencapai 15-25 meter, berwarna cokelat kehitaman dengan diameter mencapai 1 meter. Daunnya pun berselang-seling dan menyirip genap, memiliki bunga keci-kecil yang mudah rontok dan buahnya berbentuk polong berwarna cokelat.

- Asam belanda ( Pithecellobium dulce )
Tanaman ini hampir sama dengan asam jawa, yang membedakan warna daunnya lebih tua.

2. Beringin ( Ficus benjamina )

Menanam tanaman bonsai dari beringin ini keunggulannya adalah miliki daun yang rimbun, akarnya dapat dibentuk bermacam-macam, dan sangat mudah beradaptasi dalam media yang terbatas. Adapun jenis-jenis beringin diantaranya :
-Beringin karet ( Ficus retusa )
-Beringin korea ( Ficus koreana )
-Ampelas ( Ficus hampelas )
-Bunut ( Ficus glauca )
-Cantigi ( Ficus disticha )
-Getah perca ( Ficus elastika )

3. Cemara

Menanam tanaman bonsai pohon cemara juga sangat cocok untuk dijadikan bonsai karena memiliki bonggol yang berlekuk-lekuk, ranting hijau yang beralur, daunnya tipis dan kaku tampak segar, dan sangat tahan terhadap kekeringan dan serangga hama atau penyakit.
Cemara miliki banyak jenis yaitu :
-Cemara duri ( Juniperus rigida atau juniperus chinensis )
-Cemara buaya ( Juniperus horisontalis )
-Cemara papua ( Juniperus papuanus )
-Cemara udang atau cemara laut ( Casuarina equisetifolia )

4. Jeruk

Menanam tanaman bonsai pohon jeruk memiliki keunikan yaitu ukuran buah dan warna bermacam-macam tergantung jenisnya, daunnya yang berwarna hijau dengan posisi saling berhadapan atau bersilangan dengan kelenjar minyak transparan, panjang daun 2cm dan memiliki 2 kelamin dengan 4-5 kelopak.
Macam-macam tanaman jeruk:
-Jeruk bali ( Citrus maxima )
-Jeruk keprok ( Citrus nobilis )
-Jeruk kingkit ( Triphasia trifolia )

teknik jitu dan mudah menanam bonsai
Tanaman Bonsai

TEKNIK MUDAH DAN JITU MENANAM BONSAI 


1. Siapkan pohon yang akan anda tanam. Pastikan anda sudah memiliki bentuk pot yang tepat sesuai dengan pohon yang akan ditanam dan sesuai juga dengan tempat meletakkan bonsai itu. Pastikan pohon dalam kondisi prima. Pangkas pohon sesuai keinginanmu kemudian bungkus dengan kawat di sekitar pohon atau cabangnya ke arah pertumbuhan yang kamu inginkan.

2. Bersihkan akarnya. Ketika anda baru saja membeli pohon, anda harus berhati-hati supaya batang pohon tidak terpotong. Cukup bersihkan menggunakan penggaruk akar, sumpit, pinset, atau alat serupa. Buanglah kotoran yang menggagu penglihatan.

3. Pangkas akarnya. Potonglah akar yang tebal, besar dan menghadap ke atas. Tinggalkan akar yang panjang yang berada di dekat permukaan tanah supaya air dapat terserap melalui ujung akar.

4. Siapkan pot. Masukkan jaring-jaring di atas lubang pot untuk mencegah tanahnya jatuh saat menyiraminya. Masukkan lapisan tanah yang kasar sebagai dasarnya dulu lalu masukkan tanah kebun di atasnya. Atur ketinggian tanah sesuai selera. Sisakan sedikit tempat untuk meletakkan pohon.

5. Masukkan pohon ke dalam pot. Pastikan semua akar tertutupi. Anda juga bisa menambahkan lumut atau batu kerikil untuk estetika. Jika pohonmu tidak dapat berdiri, gunakan kawat dari bawah pot melalui lubang dan ikatlah kawat di sekitar akar.

6. Rawatlah pohon bonsaimu. Selama 2-3 minggu pohonmu akan mengalami traumatis karena beradaptasi dengan pot baru. Maka letakkan pot di tempat yang cukup berbayang dan terlindung dari angin dan cahaya matahari langsung.


TIPS  MENANAM


1. Siklus hidup tahunan pohon bonsai mengalami periode intensif pertumbuhan di musim semi. Sebaiknya mengganti pot pada musim semi. Jika pohonmu diletakkan di dalam ruangan, setelah memangkas akarnya kamu harus meletakkan di luar ruangan yang temperaturnya lebih tinggi.

2. Memotong akar secara berkala dapat membantu pohon menyesuaikan dengan lingkungan kecilnya.

3. Cobalah untuk fokus pada gaya dasar seperti vertikal, informal, dan kaskade.

4. Cobalah dengan jenis pohon yang berbeda.

5. Tanam pohon di tempat yang besar dan biarkan tumbuh selama 1 atau 2 tahun untuk memperbesar trunk.

6. Jangan biarkan mati dan rawatlah dia.