Ternak Bebek Petelur Super Unggul

Ternak bebek petelur yang Super dan unggul, - Akhir-akhir ini semakin banyak peminat masyarakat untuk mengkonsumsi bebek atau itik,dengan berkembangnya teknik mengolah dan jenis resep baru masakan dengan bahan daging itik hal ini membuat orang semakin menggemari bebek sebagai sumber protein,dan cukup populer kebutuhan di pasaran daging.Nilai rasa dan gizi yang ada pada daging bebek melebihi dari dari daging ayam sayur maka membuat peminat semakin hari semakin banyak permintaan daging ataupun telur bebek membuat suatu peluang tersendiri bagi anda yang mau memulai usaha.


cara ternak bebek petelur


Banyak yang mengira ternak itik atau bebek itu sangat susah dan ribet dan resiko kerugian tinggi,padahal ternyata sebaliknya ternak bebek memiliki banyak keunggulan dibandingkan ternak
yang lain,misalnya bebek memiliki ketahan tubuh yang lebih kuat terhadap virus penyakit,nilai jual yang ekonomis,modal kandang dan pakan tidak terlalu besar karena bahan-bahan sebagai racikan untuk pakan bisa dibuat sendiri serta kandang yang sederhanapun bebek bisa merasa nyaman.Apalagi bebek petelur,selain daging yang bisa kita jual,telur yang dihasilkan sangat potensi membawa nilai keuntungan yang tinggi. Kita bisa menaikkan nilai jual telur tersebut dengan cara diolah sebagai telur asin yang harganya jauh lebih unggul dan tinggi.


Kalau kita mau mendalami ternak bebek petelur yang super sukses kita bisa kalkulasikan seperti ini : Bebek mulai bertelur ketika mulai berumur 20 minggu sampai satu tahun kedepannya,satu ekor bebek bisa bertelur hingga mencapai 300 butir disetiap masa produktifnya,bayangkan kalau kita melakukan ternak bebek dengan jumlah yang besar,serta tidak khawatir ketika masa produktif telur terlewati kita bisa menjual daging bebek yang sudah tidak produksi dengan nilai jual yang tidak rendah sehingga bisa menutupi biaya anda dalam memperbarui bibit bebek petelur lagi.

keuntungan ternak bebek petelur

Jenis-jenis Bebek Untuk Diternak

Sebelum anda memulai ternak,alangkah bainya anda mengetahui dulu jenis bebek apa yang akan anda pilih dan disesuaikan target anda ingin ternak bebek sebagai pedaging/petelur ataupun bebek hias, supaya anda tidak keliru dan terbalik-balik. Berikut ini merupakan beberapa jenis bebek yang umumnya dipelihara di Indonesia :

a. Bebek Asahan : Jenis bebk yang sering dibudidaya di daerah Sumatra

b. Bebek Tegal : bebek ini memiliki ciri,warna bulu yang putihhingga coklat kehitaman dengan warna   pada paruhnya hitam dominan kombinasi kuning

c. Bebek Mojosari : Ciri bebek ini yaitu bulu coklat muda dan coklat tua dengan paruh berwarna hitam

d. Bebek Alabio : Aabila dibandingkan dengan bebek tegal,bodi bebek alabio lebih besar dan berbobot cocok untuk ternak jenis pedaging

e. Bebek Pedaging : Bebek pedaging ini misalnya,cayuga,peking,Aylesbury dan Muscovy

f. Bebek Khusus Petelur : Buff orpington,Indian runner, dan Khaki Champbell

g. Bebek khusus hoby : Wood,East india,crested,blue swedish,mandariun, dan call.

Ketika kita memulai ternak bebek telur kita bisa gunakan sistem intensif full kandang kering tanpa angon, kita hanya fokus pada pemberian pakan,kesehatan dan menjaga agar bebek petelur tidak strees. Stres pada bebek petelur banyak penyebabnya misalnya,lingkungan bising,pemberian pakan yang tidak stabil,serta pembiasaan perlakuan terhadap bebek yang selalu berganti. Stres ini menyebabkan telur yang dihasilkan menjadi merosot drastis.

bibit ternak bebek petelur

Kita bisa melakukan perhitungan terperinci dan keuntungan bisa kita lihat perharinya,apabila cara penjualan telur dengan pembayaran cashflow,dan umumnya pembelian dengan cara dibayar cash yang membuat kita tidak khawatir dengan perputaran uang modal dan keuntungan. Kemudahan lainnya yaitu apabila kita ingin mempekerjakan orang sangat efektif karena,satu orang pekerja mampu mengelola 1000 ekor lebih bebek petelur, ongkos untuk pekerja dengan perbandingan bebek yang dipelihara sudah mampu menutupi.

Memaksimalkan Bebek Tetap Bertelur Unggul

Masalah pemberian pakan bebek petelur memang super mudah didapat,misalnya pakan utamanya adalah bekatul dan pemberian vitamin pemenuhan gizi serta mineral sebagai pemicu terjadinya produksi telur yang lebih unggul. Antisipasi sebelum telur yang dihasilkan biasanya bebek terkena penyakit lumpuh yang ditandai dengan bengkak pada pergelangan kaki,dan kemudian sering berdiam diri memojok berlanjut terjadinya kelumpuhan. Penyakit lain yaitu mata bebek sering mengeluarkan lendir dan banyak air,hal itu sebaiknya dicegah terlebih dahulu dengan memberikan komposisi pakan diselingi hijau-hijau dedaunan,dan selalu memberikan air yang bersih untuk mencuci muka bebek agar matanya tidak terlalu cepat terkena kotoran sehingga menjadi sakit.