Ternak Ayam Petelur Rumahan Produktif

Ternak ayam petelur rumahan merupakan alternatif untuk anda sebagai sumber penghasilan tambahan yang cukup menjanjikan dengan sisitem ternak yang mudah tidak terlalu menguras tenaga dan biaya modal. Ternak rumahan ini tentu saja bagi anda yang memiliki lahan yang cukup dan lingkungan masyarakat yang sudah menyetujui karena tetap terkena imbas bau walaupun sedikit. Kenapa harus ayam petelur? mungkin banyak orang bertanya demikian, yang tentu saja jawabannya sangat mudah yaitu ayam petelur merupakan salah satu unggas yang kuat tidak mudah mati,harga telur dengan jumlah produsen telur dipasaran bertolak belakang,harga dan permintaan telur ayam selalu mengalami kenaikan sedangkan orang yang melakukan kegiatan beternak ayam petelur hanya sedikit bahkan selalu berkurang. Mereka para peternak ayam petelur selalu kualahan melayani kebutuhan pasar. Keuntungan ternak ayam petelur secara rumahan yaitu kita membutuhkan modal yang tidak terlalu besar.

Untuk strategi kita supaya telur yang diproduksi maksimal kita harus memperhatikan tentang cara pemilihan awal bibit ayam petelur yang bagus,serta pemberian pakan yang berkualitas dengan pola pemberian pakan yang teratur. Pakan ayam berkualitas ini harus benar-benar kita perhatikan karena sangat mempengaruhi ayam untuk bertelur secara maksimal.
Baca : Cara membuat kandang ayam petelur sederhana berkualitas

Pada umumnya masyarakat enggan membudidayakan ayam petelur dengan alasan ternak ayam petelur membutuhkan modal yang sangat besar dari segi pembuatan kandang saja sudah menguras biaya modal,belum memberikan biaya pembelian bibit,modal pakan dan perawatan dalam jumlah yang sangat besar. Alternatif lain supaya kita menghendaki ternak petelur yang produktif namun
dengan modal yang terbatas sokusinya yaitu membuat konsep peternakan ayam petelur sistem rumahan. Dengan sistem kandang rumahan memang jumlah ayam yang kita pelihara hanya sedikit menyesuaikan lahan sekutar rumah anda, jumlah ayam yang sedikit ini bisa tetap menghasilkan telur secara produktif apabila kita pelihara dengan intensif. Apabila mempunyai komitmen yang tinggi maka sistem ternak ayam petelur rumahan ini bisa kita kembangkan menjadi peternakan ayam petelur yang besar.
Baca : Cara memilih bibit ayam bangkok keturunan asli 

tenak ayam petelur rumahan

Ternak ayam petelur rumahan


Tahap Memulai Ternak Ayam Petelur Rumahan


Berikut merupakan beberapa persiapan yang harus kita mulai saat memulai peternakan ayam petelur dengan sistem rumahan modal yang terbatas :

1. Sediakan Kandang 

Langkah awal sebelum memulai kita beternak ayam petelur yaitu kita mempersiapkan kandang terlebih dahulu. Lokasi kandang yang baik memiliki suhu daerah sekitar berkisar 32,2–35 °C dengan pantauan kelembapan udara mencapai 60-70%. Pembuatan desain kandang yaitu kita berikan fentilasi atau jendela-jendela supaya sinar matahari dapat masuk kandang menerpa ayam-ayam,sinar matahari juga sangat berpengaruh dengan kesehatan ayam. Jendela membuat kandang selalu menjadikan udara dapat tersirkulasi dengan baik.
Berikanlah ruang kandang tersendiri supaya dalam waktu berjalan kita temui ayam dengan kondisi sakit bisa langsung kita pisahkan dari kandang utama sebelum penyakitnya menular ke ayam yang lain. Matrial penyusun kandang tidak harus mempergunakan bahan-bahan yang mahal yang terpenting bahan nya kuat dan bersih dan mampu tahan lama.

Lantai kandang usahakan dalam kondisi yang selalu kering dan atap yang kita sediakan jangan bocor saat hujan tiba. Ukuran kandang kita buat sekat satu ekor satu sekat dengan ukuran setiap sekat
30x35x45 cm,alas kandang kita pasang miring dan diberi lubang supaya saat telur ayam keluar bisa langsung menggelundung keluar kandang,dan kondisi telur masih tetap kondisi bersih.

2. Persiapkan Pakan Untuk Ayam Jenis Petelur

Tahapan ke dua yaitu sebaiknya kita persiapkan pakan dahulu setelah mengetahui jumlah ayam yang akan dipelihara. Jangan terbalik kita beli bibit ayam dahulu namun pakan belum siap,hal ini saat ayam sudah datang namun pakannya belum terpenuhi membuat ayam menjadi setres. Untuk melihat telur yang terproduksi berkualitas atau tidaknya tergantung dari pakan yang diberikan,pakan merupakan salah satu faktor penting berhasil atau tidaknya ternak ayam petelur,kita harus perhatikan secara seksama komposisinya,misalnya pakan yang baik terdiri dari jagung yang sudah digiling halus,tepung ikan,sentrat dan campuran vitamin khusus ayam petelur.
Setelah komposisi kita sudah tercukupi maka kita berlanjut sistem pemberian pakannya harus teratur 3 kali sehari dan juga perhatikan air minumnya jangan sampai kehabisan. Pemberian pakan harus terukur jangan terlalu banyak yang membuat dana modal pakan membengkak,dan jangan terlalu sedikit yang membuat ayam kekurangan nutrisi untuk bertelur.

3. Persipan Penyediaan Bibit Ayam Petelur

Persiapan bibit ayam ini sangatlah penting diperhatikan setelah kandang dan pakan terpenuhi . Bibit yang kita cari haruslah bibit yang unggul sesuai jenis ayam petelur . Di pasaran ayam yang khusus untuk produksi telur memiliki 2 jenis yaitu ayam petelur gemuk dan berat yang biasa disebut Medium dan jenis lain yaitu ayam petelur putih. Kedua jenis ayam ini memiliki kemampuan produksi telur dalam satu tahun yaitu mencapai 300 butir. Untuk mencapai target diatas kita harus membuat ayam dalam kandang kondisi nyaman,karena kelemahan ayam petelur yaitu mudah kaget dan stres yang membuat menurun hasil telurnya,apalagi sistem yang anda terapkan secara rumahan.

 Hal yang harus diperhatikan memilih bibit ernak ayam petelur yaitu :

a. Pilih bibit dalam kondisi sehat tidak cacat fisik,teliti saat membeli.

b. Pilih umur ayam petelur yang siap produksi,karena menghemat kita dalam pemberian pakan dan memperkecil resiko ayam mati dalam proses pembesaran.

c. Ketahui bibit ayam petelur tersubut apakan dari turunan yang unggul atau tidak.

4. Pemberian Kekebalan Tubuh Ayam (Vaksinasi)


Hal yang kita perhatikan juga yaitu saat beternak sistem rumahan pemberian vaksin dengan pemberian imun kepada ayam. pemberian vaksin ini bisa dilakukan oleh ahlinya
untuk mencegah ternak ayam kita terkena virus yang membahayakan ayam yang lainnya.Apabila terdeteksi salah satu ayam terkena penyakit segeralah pisahkan dari kandang ayam yang sehat.
Pada umum nya sinar matahari dan sirkulasi udara yang cukup sudah cukup membuat ayam menjadi sehat.,

5. Berikan Vitamin Dan Nutrisi

Selaian pemberian pakan teratur kita bisa memberikan vitamin penunjang pemenuhan kesehatan ayam supaya produktifitas telurnya dapat terjaga,vitamin ini kita berikan dicampur pada makanan.
vitamin khusus ayam petelur ini suda dijual bebas di koprasi ataupun di dokter-dokter hewan yang bisa memudahkan kita memperolehnya. Usahakan beli vitamin ayam yang ber merk bagus jangan asal membeli pemberian nutrisi dan vitamin ini bisa diberikan selama 30 hari sekali.
Baca : Cara ternak bebek petelur yang sukses uggul dan produktif

ternaka ayam petelur kandang rumahan


Sistem peternakan ayam petelur rumahan ini dapat disesuaikan dengan kondisi rumah anda sendiri sesuai kondisi lingkungan dan kenyamanan sekitar kandang, apabila kita memelihara ayam petelur semakin banyak, maka dapat dipastikan telur ayam kandang rumahan ini juga semakin banyak dan prooduktif.