Ciri Anak Ayam Bangkok Asli

Ciri anak ayam bangkok asli - Sebagai penggemar ayam kita harus mengetahui bibit bakalan aduan ayam bangkok yang bagus tangguh dan potensian memenangkan pertarungan saat di perlombakan.Bagi para ahli dengan melihat sekilas bisa mengetahui anakan ayam bangkok yang bagus atau tidak,kadang dipasaran para penjual dengan sengaja mencampurkan bibit ayam bangkok asli dengan bibit ayam kampung seingga amat sulit bagi para pemula membedakan antara anak ayam  bangkok asli dengan yang palsu.

Ciri anak ayam bangkok asli
Ciri anak ayam bangkok asli

Cara mengetahui Anak Ayam Keturunan Bangkok Asli 

Seketika saat kita lihat antara anakan ayam kampung atau jenis saigon,birma ataupun bangkok hampir memiliki fisik yang sama sangat sulit membedakannya,namun kita bisa mengetahui dengan jelas saat anakan ayam berumur 1 sampai 3 bulan ,saat usia tersebut dapat kita lihat perbedaan dalam
pertumbuhan bulunya. Pada bulu ayam yang lain usia mencapai 3 bulan sudah menunjukkan pemerataan tumbuh bulu di seluruh bagian tubuh,namun berbeda dengan ayam bangkok keturunan asli,anak ayam bangkok asli mempunyai ciri pertumbuhan bulu yang lambat. Saat anak ayam jenis lain berumur 3 bulan bulu pada bagian sayap,dada, ekor,kepala sudah terlihat lebat sedangkan ayam bangkok asli bagian dada, punggung maupun kepala juga ekor masih terihat sangat renggang bulu-bullu yanng tumbuh walaupun saat dibesarkan bersamaan dengan pemberian gizi makanan sama kadarnya,tetap saja bulu anakan bangkok asli masih lambat pertumbuhan bulunya.
Baca : Cara membuat kandang ayam petelur sederhana berkualitas

Untuk memahami dengan cara lain yaitu saat kita melihat kawanan anakan ayam ini berkumpul anakan bangkok asli lebih terlihat penakut saat kita dekati dibandingkan dengan ayam kampung atau jenis lainnya. Sifat anakan bangkok yang asli memang saatusia masih kecil lebih banyak penakutnya dibanding anakan ayam jenis lainnya.

Kandang ternak ayam bangkok 

Apabila kita menginginkan pemilihan bibit ayam bangkok yang masih usia kecil dengan tujuan unggul dalam maslah laga pertarungan hal ini sangat sulit untuk diprediksi karena dalam masa usia yang masih sangat kecil tersebut sulit kita baca kemampuannya mungkin karena usia dalam masa pertumbuhan. Bentuk fisik seperti kepala,bulu,dada ekor dan kaki yang menjadi pedoman saat menyeleksi ayam aduan yang unggul masih belum terlihat sempurna sehingga menyeleksi anakan bangkok asli yang jago dalam laga pertarungan dalam usia pertumbuhan tersebut tidak direkomendasikan,kecuali kita bisa tau sendiri anakan bangkok asli tersebut benar-benar turunan dari indukan ayam bangkok yang berprestasi dan unggul.

Baca : Cara ternak bebek petelur sukses


Cara Membedakan Ciri Anakan Ayam Bangkok Asli Dengan Ayam Kampung

a. Analisa pertama yaitu kita lihat mata,mata milik ayam bangkok terlihat lebih jernih dibandingkan dengan anakan ayam kampung

b. Anakan ayam bangkok asli mempunyai parit dibagian paruh,sedangkan pada ayam jenis lain saat usia masih kecil belum terlihat apa-apa.

c. Bentuk kepala dari  ciri anakan ayam bangkok yang asli terlihat lebih gemuk dibanding dengan jenis ayam yang lain,apabila ayam kampung bentuk kepala lebih kurus

d. Gerak gerik anakan ayam bangkok asli terlihat lebih lambat dan kurang gesit ketika mencari makan.

e. Pada bentuk kaki ayam bangkok terlihat lebih panjang dengan jari yang lebih kecil,sedangkan pada ayam kampung kakinya lebih pendek,jari-jarinya lebih besar.

Ciri ayam bangkok asli

Baca : Teknik ternak ayam petelur rumahan yang sukses

Memang saat kita menginginkan ayam bangkok saat sudah besar dengan potensi tarung yang hebat harga dipasaran sangatlah mahal,hal ini menjadi pengahalang bagi orang dengan badged pas-pasan. Solusinya memang membeli bibit anakan bangkok asli pada usia yang masih kecil dengan berbagai keuntungan yaitu harga yang murah, dan kita bisa melatihnya dengan telaten sejak kecil hingga usia siap tarung dengan kualitas pakan dan perhatian yang bisa kita maksimalkan,sehingga tidak ada salahnya kita membeli anakan ayam bangkok asli yang sudah kita ketahui ciri - cirinya.