Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana

Membuat kandang ayam petelur merupakan salah satu bagian pokok yang wajib disiapkan paling utama saat akan memulai ternak ayam jenis petelur. Pembuatan kandang ayam petelur tidak boleh secara sembarangan kita harus memperhatikan kenyamanan dan kesehatan ayam-ayam petelur kita supaya mampu bertelur secara maksimal. Bahan yang dipergunakan tidak harus menggunakan matrial yang mahal-mahal, yang terpenting struktur penyangga kuat,sirkulasi udaranya bagus serta tidak lupa sinar matahari dapat masuk secara maksimal. Cara membuat kandang ini tidaklah sulit,kita hanya menyiapkan beberapa bahan yang mudah didapat.

Teknik Pembuatan Kandang Ayam Petelur Sistem Baterai

Untuk memulainya kita harus mengumbulkan bahan-bahan pokok seperti bambu ,atap asbes atau jenis lain. Paralon sebagai wadah pakan,paku,kawat bendrat dan lain-lain. Desainnya kita buat sistem baterai atau yang dimaksud yaitu kandang dengan bentuk sangkar persegi panjang memanjang dengan dibatasi sekat-sekat pemisah antara ayam petelur satu dengan yang lainnya yangmana tiap sekatnya berukuran panjang 30 cm,lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. desain lantai memanjang kita buat miring adan ujung depan atau belakan kita beri lubang supaya telur yang keluar bisa langsung menggelundung keluar area sekat ayam sehingga telur masih dalam kondisi yang bersih. Kandang ini kita buat dari bahan bambu saja yang ramah lingkungan,mudah didapat serta murah meriah. Lantai tadi masih kita desain miring berlubang bisa dari bahan kawat ram dan kita beri lapisan alas papan sebagai penampung kotoran ayam, sehingga kalau kita berkeinginan membuat kandang ayam petelur secara bersusun sangat bagus tidak mengotori ayam yang berada dibawahnya.
cara membuat akandang ayam petelur sederhana
Cara membuat kandang ayam petelur sistem baterai

Perbandingan Kandang  Ayam Petelur Dari Kayu dan Kawat 

Biasanya kalau peternak membuat kandang dengan bahan kawat ram kelebihannya yaitu lebih awet tahan lama serta perawatannya yang mudah dinggal membersihkan saja , dibandingkan apabila kandang terbuat dari bahan full bambu ini lebih cepat rusak dan sulit dibersihkan ketika kotor. Bahan bambu ini lebih baik digunakan sebagai tiang utama penyangga kandang atau atap kandang saja supaya menghemat biaya. Pada pembuatan tempat pakan dan tempat minum kita bisa memanfaatkan bahan yang sederhana murah meriah seperti paralon ukuran yang lumayan besar seperti 2 inch,3 inch, maupun 4 inch. yang kita potong membelah menjadi dua bagian yang memanjang.
Baca : Cara ternak ayam petelur rumahan yang sukses

Desain kandang yang baik untuk ayam petelur yaitu setiap sekat kandang diisi sebanyak satu ekor ayam saja,walupun kadang dijumpai satu sekat di isi dua ekor. Apabila setiap sekat berisi hanya satu ekor hal ini membua ayam bisa bertelur dengan tenang tanpa ada  gangguan dari ayam yang lain,karena kita tahu ayam ketika bertelur sangatlah berisik dan agresif sehingga ayam yang lain biasanya terganggu dan setres. pada waktu membuat tempat makan dari bahan paralon pastinya saat memberikan pakan sering tidak merata maka kita siasati dengan memberikan pakan dengan menaruh tepat di tengah-tengah sekat sehingga mengurangi terjadinya berebut pakan,
Baca : Teknik memilih bibit ayam bangkok keturunan asli 

Prospek penjualan kandang ayam petelur bisa tergolong usaha yang menjanjikan,anda bisa mengembangkannya sesuai inofatif anda tanpa mengurangi konsep kenyamanan bagi ayam petelur.
Selain bisnis pembuatan kandang anda juga bisa mengembangkan dengan cara produksi pakan ayam petelur yang berkualitas super penunjang produksi telur. Semoga bahasan tentang teknik cara pembuatan kandang ayam petelur sistem baterai sederhan dapat bermanfaat bagi anda yang mau menggeluti usaha ternak ayam petelur.