Teknik Ternak Bebek Peking Pedaging Intensif

Ternak bebek peking pedaging merupakan alternatif untuk anda yang ingin memulai usaha sebagai lahan perekonomian. Keunggulan ternak bebek peking pedaging yaitu bebek jenis ini salah satu unggas yang tahan penyakit,mudah dipelihara serta pertumbuhannya membutuhkan waktu yang tidak lama.Sebelum anda memulai peternakan bebek peking pedaging sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara pemeliharaan yang tepat,misalkan dengan cara peternakan intensif. pengertian peternakan intensif ini adalah sistem ternak yang dilaksanakan secara serius dan sungguh-sungguh berkeleanjutan terus menerus hingga tercapai hasil yang optimal,dimulai dari cara kita memberi makan, teknik membuat kandang,sampai pemilihan bibit bakalan bebek peking pedaging yang unggul dalam proses pertumbuhannya.

Pada sistem ternak zaman dahulu cara yang dipakai untuk ternak bebek selalu mengharuskan pemakaian kandang yang memiliki tempat umbaran atau kolam,hal ini sangat sulit dan menjadi penghalang bagi peternak yang memiliki lahan sempit dan biaya modal yang terbatas. Padahal semua setelah dilakukan penelitian bahwa peternakan bebek peking pedaging mampu hidup sehat dan berkembang dengan baik tanpa harus menyediakan umbaran,sehingga sangat menghemat biaya bagi pemodal yang dananya terbatas.

ternak bebek pedaging peking termudah
ternak bebek peking pedaging


Cara Ternak Bebek Peking Pedaging Yang Unggul

Mungkin agak awam di lingkungan sekitar anda dan sering bertanya,kenapa memilih ternak bebek oeking pedaging?..
Secara umum kita melihatnya memang beternak ayam potong pedaging juga sangat menggiurkan dibanding bebek peking,namun kenyataan harga daging dipasaran antara ayam potong dengan bebek pedaging harganya jelas tinggi daging bebek,peminatnya juga sangat banyak,bebek peking ini sangat tahan terhadap penyakit..serta satu hal lagi, orang yang menggeluti usaha ternak bebek peking pedaging masih sedikit hal ini membuat potensi usaha anda sangat prospek dan memiliki peluang yang tinggi untuk meraih hasil maksimal. Layaknya ternak ayam broiler yang bisa di kalkulasikan setiap bulan panen kita bisa membuatnya seperti itu dengan menggunakan sistem ternak yang intensif modern, kita perbesar sedikit modal kita yang fokus terhadap segi pakan,kesehatan dan segi teknis lainnya,walaupun kita sedikit lebih mahal mengeluarkan modal namun kita bisa menekan waktu kecepatan pemanenan dibanding apabila kita beternak secara tradisional.
Keunggulan sistem ternak intensif ini kita dapat mudah mengontrol bebek satu persatu lebih mudah. Pertumbuhan bebek peking pedaging ini berkisar 40 hari bobotnya bisa mencapai berat 1,5 kg hampir sama dengan ayam broiler yang setiap satu bulan panen
ternak bebek peking pedaging unggul
ternak bebek peking unggul

Cara Pemilihan Bibit Bebek Peking Pedaging (DOD) Yang Tepat

Pemilihan bibit juga merupakan salah satu kunci suksesnya ternak bebek pedaging kita,sebaiknya and aharus mengetahui cara memilih DOD / bibit yang unggul dan baik. Kriteria pemilihan bibit yang baik dan unggul diantaranya yaitu :

a. Perhatikan bulunya : harus bersih dan juga kering

b. Perhatikan bobot : Standar bobot anakan atau bakalan bibit yang baik harusnya sudah mencapai 40 gram

c. Perhatikan cara makan : Bibit yang sehat salah satu tandanya yaitu selera makan yang sangat tinggi

d. Amati Keseluruhan bibit yang ada di kandang : apabila ada salah satu ekor bebek dalam satu koloni kandang yang terkena virus atau penyakit anda harus tunda telebih dahulu atau lebih selektif

e. Pergerakan bakalan bibit yang lincah dan aktif

f. Postur tubuh tegap,memiliki kaki kokoh,dengan kondisi mata yang jernih serta tidak mengalami cacat.

g. Lihatlah bagian dubur bebek,kita harus pastikan dubur dan kloaka harus kondisi kering hal ini bisa menjadi dugaan awal bebek terkena penyakit apabila duburnya basah

bibit ternak bebek peking pedaging
bibit ternak bebek peking pedaging



Sistem Pemilihan Kandang

Pemilihan kandang juga ada pengaruhnya terhadap keberhasilan ternak,anda bisa memilih kandang sesuai keinginan dan kemampuan modal anda,misalnya :
Baca : Teknik pembuatan kandang bebek yang efektif 

Kandang Bebek Sistem Battery

Kandang dengan sistem battery ini yaitu kita sediakan kandang dalam bentuk kotak dengan skat-skat,Dalam setiap kotak atau skat hanya terdapat satu bebek dengan ukuran dewasa,kentungannya yaitu pergerakan bebek dibatasi membuat tubuhnya cepat gemuk serta pengawasan setiap ekornya bisa mudah diamati mana yang sehat ataupun mana yang sakit, sehingga apabila satu ekor terkena virus kita bisa cepat mengetahui dan menghambat semua bebek tertular.Kelemahan sistem kandang ini yaitu biaya modal ternak yang dikeluarkan lebih besar.


Sistem Ternak Kandang Postal

Kandang postal yaitu kandang yang berupa satu kolom kotak bisa menampung satu koloni,keunggulanya biaya lebih murah.Kekurangannya kesulitan mengintrol apabila terkena
virus dalam satu koloni.

Sistem Ternak Kandang Ranch


Kandang ranch ini hampir sma dengan kandang postal,hanya saja ditambahi lahan sebagai umbaran,mirip peternakan tradisional yang membutuhkan lahan luas.


Teknik Memberikan Pakan Bebek Yang Tepat

Mengingat ternak kita adalah bebek pedaging maka kita harus memperhatikan pakan yang akan kita berikan,pakan juga merupakan salah satu kunci berhasilnya bebek bisa panen 1 bulan sekali. Pemberian pakan waktunya yaitu dalam satu hari kita berikan di pagi hari dan Sore hari. Kita bisa menekan biaya produksi ternak dengan cara meracik pakan bebek sendiri tanpa mengurangi kandungan gizi yang dibutuhkan bebek.Teknik untuk membuat bobot bebek peking pedaging kita unggul yaitu kita berikan starbio,Probiotik dan jenis lainnya yang dijual di koprasi.Apabila anda menghendaki pakan yang berasal dari pabrikan anda bisa memilih jenis pakan seperti 511/BR 1.
Baca: Cara meracik pakan bebek sendiri

Memahami Gejala Penyakit Bebek Peking

Sebelum dalam satu kandang atau satu koloni ternak bebek anda tertular anda harus tanggap gejala penyakit yang sudah bisa terdeteksi awal,misalanya :

a. Kotoran bebek : Kotoran bebek yang berwarna hijau dengan adanya bercak putih itu merupakan salah satu pertanda ada yang terkena penyakit.Cara mengobatinya yaitu kita berikan anti biotik dan Nitro sulfa.

b. Lumpuh : bebek yang terlihat pergerakannya hanya mendekam dan tidak bisa berjalan layaknya bebek yang normal.

Tenik ternak bebek peking pedaging ini sangat cocock dipraktekkan untuk alternatif usaha rumahan anda ,selamat mencoba semoga berhasil.