Meracik Pakan Bebek Petelur

Meracik Pakan Bebek Petelur - Bebek merupakan sumber konsumsi masyarakat yang dari taun ke taun semakin banyak diminati sedangkan produsen bebek serta telur bebek sangat sedikit yang produksinya stabil dan mampu memenuhi kebutuhan pasar. Hal tersebut sangat potensial bagi anda yang mau mengambil peluang mendirikan usaha ternak bebek pedaging maupun ternak bebek petelur yang kesibukannya bisa dijadikan sebagai kerjaan sambilan. Apabila anda menginginkan produksi telur dan bebek anda lebih besar anda bisa berupaya lagi dengan meracik pakan bebek petelur ataupun meracik pakan bebek pedaging sendiri,mengingat harga pakan di toko peternakan semakin naik harganya. Bahan yang kita butuhkan untuk meracik pakan sangat mudah didapat di pasar-pasar  tradisional lingkungan anda.

pakan bebek petelur

Jenis bebek yang dipelihara oleh masyarakat Indonesia yaitu umumnya,bebek pedaging,petelur dan bebek hias.Namun yang paling populer dilakukan pembiakan atau ternak yaitu jenis petelur dan pedaging,untuk jenis bebek hias hanya sedikit peminatnya karena bebek hias merupakan budaya tradisional suatu daerah dan hanya penggemar fanatik yang melakukan pembiakan,harganyapun jauh lebih mahal dibanding bebek umumnya serta pakan bebek hias tidak bisa disamakan dengan bebek lainnya harus berkualitas baik.
Baca juga : Kandang bebek sederhana yang produktif

Pakan Untuk Bebek Petelur



Dalam pemberian pakan kita harus mengetahui komposisinya misalnya untuk sumber energi bebek,sumber protein juga pakan sebagai sumber mineral,Ketika dasr tersebut bisa kita racik
disesuaikan dengan kebutuhan serta jumlah produksi pakan untuk konsumsi bebek kita,jangan sampai teralu banyak karena sangat sayang kalau pakan sudah terlalu banyak dan kita simpan sewaktu disajikan kondisinya sudah tidak baik,serta jangan terlalu sedikit ketika kehabisan pakan dan telat kita dalam pemberian pakan,bebek akan mengalami stres sehingga produksi telurnya akan turun drastis tidak stabil.
Bcaca : Teknik ternak bebek peking pedaging

Jenis Pakan Sebagai Sumber Mineral Petelur

Di pasaran pakan bebek yang berfungsi sebagai sumber mineral sudah banyak dijual dalam bentuk voer,Voer ini biasanya sudah digolongkan komposisinya dengan menyesuaikan jenis bebek yang dipelihara. Untuk anda bisa saja membeli bentuk pakan dipasaran tersebut,namun perlu diingat pakan yang sudah siap saji dipasaran tersebut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan apabila kita meracik sendiri dengan komposisi gizi yang sesuai kualitas terbaik. Bahan pakan sumber mineral untuk bebek ini adalah minyak ikan dan minyak kelapa,pakan sebagai sumber mineral ini kita berikan kepada bebek dengan jumlah yang terbatas. Produktifitas bebek petelur maupun pedaging sangat dipengaruhi oleh pemberian pakan yang berkualitas,untuk bebek petelur mulai puncak produksi telur dimulai saat bebek berumur 6 bulan.

Jenis Pakan Sebagai Sumber Energi Bebek

Pakan sumber energi ini biasanya terdiri dari bahan yang mengandung karbohidrat tinggi,seperti sorgum,jagung kuning,gandum,bekatul,dan tepung bubuk umbi-umbian.Pemberian komposisi dari jagung kuning lebih bagus dengan cara kita giling terlebih dahulu sehingga bisa berupa tepung. Pakan sebagai sumber energi ini juga sangat menunjang terhadap proses produksi telur,karena aktifitas bebek yang selelu bergerak entah bermain,berjalan ataupun berenang sangat menguras energi apabila tidak terpenuhi energinya produksi telurya kurang maksimal.

pakan bebek petelur bekatul
Pakan bebek petelur 'bekatul'

Jenis Pakan Bebek Jenis Sumber Protein 

Untuk memperoleh bahan sebagai sumber protein kita bisa mendapatkan di pasaran sekitar anda .Bahan protein ini fungsinya sebagai sumber pertumbuhan dan kesehatan bebek peliharaan kita. Bahan yang bisa kita cari sebagi sumber protein untuk bebek misalnya bungkil kelapa, bungkil kacang hijau,juga bahan yang berupa tepung, misalnya tepung ikan, tepung tulang, dan tepung daging. Harga bahan-bahan untuk meracik pakan tersebut terjangkau bagi kita kalangan peternak,dan sudah cukup membantu.
pakan bebek petelur bungkil kelapa
Pakan bebek petelur 'bungkil kelapa'


Bebek petelur mulai bertelur saat berumur 6 bulan,proses bertelur ini bertahap tidak langsung bertelur setiap hari kita jangan terlalu panik karena bebek berumur 6 bulan, ini membutuhkan penyesuaian sebelum bertelur secara stabil. Untuk jenis bebek mojosari masa produktif telurnya bisa sampai 11 bulan salam waktu satu tahun, dalam waktu yang sangat lama itu tentu saja kita dapat memaksimalkan hasil telurnya dengan pemberian pakan dengan meracik bahan pakan bebek dengan kualitas terbaik serta kita perhatikan juga aspek pendukung lain mengurangi tingkat stres bebek yang dipengaruhi banyak faktor, serta kita bisa seting kandang yang bisa membuat aktiftas bebek tidak telalu banyak atau di umbar,karena energi yang dikeluarkan saat diumbar lebih besar mempengaruhi produksi telur.Pakan bebek petelur kita sudah efektif apabila juga dibarengi dengan faktor lain seperti hal-hal tersebut diatas sehingga energi bebek petelur tidak sia-sia terbuang.