Kandang Bebek Petelur Produktif dan Stabil

Ada beberapa tipe kandang bebek petelur yang produktif juga stabil dipakai para peternak dengan dana modal yang standar yaitu tipe baterai ,ranch panggung dan kombinasi. Secara umum banyak peternak beranggapan apabila budidaya bebek petelur kandangnya perlu diberikan sedikit lahan untuk tempat kolam berenang,namun hal ini suatu penghalang bagi para peternak yang hanya memiliki lahan terbatas.Pada dasarnya bebek petelur itu membutuhkan air tidak harus untuk berenang,kita hanya menyediakan air sebagai minum dan mencuci mata saja sudah cukup,karena mata bebek petelur sangar berlendir dan mudah kotor.

Tips Kandang Untuk Bebek Bertelur Secara Stabil


Agar bebek petelur kita mampu bertelus secara produktif memerlukan beberapa aspek,semisal kandang,pemberian pakan,lingkungan sekitar bahkan perlakuan peternak terhadap bebeknya.Apabila kandang bebek tidak layak seperti jumlah ekor tidak sesuai dengan kapasitas kandang maka kemungkinan besar bebek cepat stress dan berhenti bertelur. Bisa juga kandang yang sangat lembab membuat bebek banyak terkena penyakit. Lingkungan sekitar yang sangat bising serta terdengar suara dentuman keras atau sejenis lainnya yang membuat kaget maka dipastikan bebek akan berhenti bertelur. Pemberian pakan yang tidak tepat seperti asupan gizi yang tidak sesuai berpengaruh terhadap produksi kalsium,protein atau zat kapur yang digunakan saat bertelur maka akan mengurangi prodiktifitas telur. Perlakuan peternak terhadap bebek peliharaannya,juga sangat berpengaruh terhadap hasil telur,seperti apabila dari awal kita memelihara bebek petelur dengan cara diumbar dan dimasukkan kandang waktu sore dan malam,ketika kita tidak mengumbarnya maka dapat dipastikan bebek akan setres dan berhenti bertelur. Intinya bebek petelur akan produktif ketika kita bisa mengurangi tingkat ke setresannya.

Untuk menyikapi produktifitas telur yang dipengaruhi oleh kandang maka kita sediakan tipe kandang dengan jenis postal dan kandang tipe Ranch. Kedua tipe kandang ini bisa kita desain tanpa menggunakan kolam yang besar hanya menyediakan air di ember yang agak besar dan tempat minum yang bersih namun produktifitas telurnya sangat baik.
Baca : Teknik ternak bebek peking pedaging

A. Tipe Kandang Postal 


Tipe kandang postal merupakan tipe kandang yang memiliki alas menggunakan tanah,ukurannya bisa 3x4 meter dengan isi sekitar 20 - 25 ekor bisa disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang anda miliki yang terpenting jangan terlalu banyak  itik di dalam kandang tersebut agar mengurangi persaingan dan memudahkan kita dalam melakukan pengawasan, berikan skat kandang satu dengan kandang yang lainnya setinggi tidak lebih 1 meter,sehingga satu kandang dengan ukuran tadi kita bisa membuat banyak skat dalam satu bangunan kandang.

Berikan alas pada bagian pojokan atau bagian yang kering supaya bebek nyaman untuk bertelur dan mengurangi resiko telur pecah . Alas tersebut kita bisa menggunakan bahan yang murah dan bisa mudah ditemukan misalnya jerami padi dan sekam padi atau bekas gergajian kayu.

Pemberian tempat pakan juga didesain yang lebar dan tidak terlalu tinggi supaya terjangkau oleh tubuh bebek,biasanya menggunakan kotak buatan darui kayu atau ember bak besar yang dipendam dalam tanah sedikit. Usahakan kalau kita meracik pakan jangan terlalu kering,buatlah agak basah supaya ketika bebek bergerombolan makan bareng debu dari pakan tersebut bisa dikurangi sehingga mata bebek petelur tidak terkotori.


kandang bebek petelur tipe postal
image by : http://peluang-usaharakyat.blogspot.com

Peletekan tempat minum sebaiknya kita taruh diluar kandang namun bisa dijangkau bebek,biasanya dibuat dari bahan memanjang seperti talang air.Bisa kita buat dengan ember namun kita desain ember diletakkan diatas panggung bambu yang dibawah panggung bambu itu sudah tersedia lubang atau tempat pembuangan air.Hal ini bertujuan air yang tumpah langsung terbuang dan tidak membuat kandang menjadi lembab.Kandang yang lembab juga berpengaruh terhadap kesehatan bebek petelur.

Baca : Cara meracik pakan bebek sendiri

B. Tipe Kandang Produktif Bebek Petelur Jenis Ranch


Jenis Kandang bebek petelur tipe ranch ialah desain kandang yang dibuat dilengkapi tempat umbaran,kandang postal atau kandang panggung didesain hanya sebagai tempat beristirahat dan bertelur siang atau malam hari. Ukuran kandang umbarannya kita buat lebih besar daripada kandang utamanya karena kandang utama hanya bersifat ditinggali untuk istirahat .Keuntungan kandang tipe ranch yaitu bebek bisa terkena sinar matari yang cukup baik untuk kesehatannya,serta menjaga kebersihan dari kandang utama.

kandang bebek petelur tipe ranch produktif


Pemberian desain tempat makan bisa kita taruh diluar kandang utama, dengan ini mengurangi pakan yang tercecer di dalam kandang utama.Apabila kita memberikan tempat minum di kandang utama sebaiknya kita desain seperti kandang tipe postal supaya air yang tercecer tidak membuat lembab.

Kandak bebek yang bermutu baik tidak harus menggunakan dana yang sangat mahal,kita hanya memerlukan bahan sederhana dan murah yang terpenting dalam ternak bebek petelur yaitu memastikan bebek dalam konsdisi sehat,nyaman dan tidak setress nyaman untuk ditinggali.