Tenik Pemasangan Batu Bata Yang Benar

Teknik pemasangan batu bata - Dalam teknik pemasangan bata yang dilakukan oleh tukang batu kalau kita perhatikan rasanya memang cukup mudah. Namun ternyata banyak sebagian orang tidak bisa melakukannya dengan baik dan rapi. Hal ini dikarenakan banyak sekali hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam proses pengerjaanya. Entah itu dari segi persiapan dan pelaksanaan. Jangan khawatir, para tukang batu pun awalnya juga tidak bisa. Tapi karena mereka mereka mau belajar dan sering mempraktekkan mereka jadi bisa dan sudah ahli dalam pemasangan dinding bata.
Mari kita bahas bersama. Berikut ini adalah teknik pemasangan bata mulai dari persiapan awal sampai tahap pemasangan yang kami uraikan secara ringkas dan jelas untuk pemasangan batu pada dinding.
Baca juga : Cara membuat pondasi rumah aman dan kuat

Persiapan Adukan Pemasangan Batu Bata


Sebelum pengerjaan pemasangan batu pada dinding dimulai, kita harus menyiapkan peralatan dan bahan-bahan material yang akan kita gunakan. Pastikan semua sudah lengkap dan benar.

Berikut adalah langkah-langkah persiapan pemasagan batu bata :

- Siapkan semua peralatannya yaitu : ayakan, pengki/alat ukur material, sendok/cetok, alas pengaduk/box, tempat rendaman bata, roskam, selang air/water pass, mistar ukur, benang, dan plastik untuk penutup adukan.
- Bahan-bahan yang akan kita gunakan yaitu : batu bata/batako, semen, pasir, dan air.
- Ayak pasir terlebih dahulu untuk memisahkan pasir dari kerikil atau koral karena nanti mengganggu saat pemasangan bata. Pastikan pasir sudah terlihat lembut, hal ini berarti pasir sudah tidak bercampur koral dan siap untuk digunakan.
- Batu bata harus direndam sekitar 2-8 menit atau sampai jenuh. Maksudnya, kondisi jenuh adalah ditandai dengan tidak mampunya lagi bata/batako menyerap air atau pada saat disiram.
- Buat campuran semen dan pasir atau biasa disebut mortar pada box pengaduk dengan air secukupnya. Atau sampai menghasilkan adukan yang pulen yaitu dengan perbandingan semen dan pasir. Misalnya 1:6 ( 1 semen : 6 pasir ) atau menyesuaikan kualitas pasir yang tersedia.
- Tutuplah adukan yang telah siap pakai menggunakan plastik untuk mengurangi penguapan air.


Pelaksanaan Pemasangan Batu Bata Yang Benar


Setelah adukan siap, tahap selanjutnya adalah pemasangan dinding bata. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

- Pasang mistar pengukur lapisan bata secara tegak lurus kemudian ukur dengan unting-unting.
- Pasang penarik benang secara horizontal kemudian ukur dengan alat water pas atau selang air.
- Tentukan ketebalan lapisan. Pada mistar ukur arah vertikal ukurlah sesuai ketebalan bata ditambah tebal spesi kira-kira 6-10mm.
- Pastikan permukaan bata atau batako dalam kondisi bersih dan tidak berdebu supaya adukan dapat merekat sempurna.
- Mulailah pemasangan pada lapis pertama yang diawali dengan pemasangan adukan atau spesi pada bagian dasar.
- Lanjutkan lapis demi lapis dan kontrol ketegakan pasangan bata dengan alat unting-unting.
- Jika ada sisa adukan yang menempel tidak sempurna atau melebihi ketebalan bata, maka segeralah bersihkan sebelum terlanjur mengeras.
- Pastikan pasangan bata yang sudah selesai terlindung dari sinar matahari secara langsung dengan menutupinya menggunakan plastik dan menyiramnya dengan air.

teknik pemasangan batu bata yang benar


Demikian tadi teknik pemasangan bata pada dinding mulai dari tahap persiapan sampai pemasangan. teknik diatas adalah langkah-langkah ideal yang mudah dipahami dan sesuai standar. Semoga bermanfaat dan menjadikan kita semakin paham tentang ilmu bangunan.