Cara Pemakaian Mesin Las Listrik 900 Watt

Pengerjaan bengkel atau suatu job yang berkatan benda kerja berbahan logam sangat selalu membutuhkan penyambungan,ada beberapa teknik menyambung suatu komponen logam satu dengan yang lain,misalnya dengan cara di baut,ripet,atau dengan pengelasan.Untuk kali ini kita akan membahas penyambungan logam dengan cara pengelasan,dan jenis-jenis logam tersebut diantaranya besi,stainless,dan alumunium.

Cara Pemakaian Mesin Las Listrik 900 watt


Untuk masyarakat di Indonesia yang pada umumnya rumahnya menggunakan listrik ukuran 900-120 watt maka sangatlah pas menggunakan mesin las listrik 900 watt yang bisa dilakukan secara pribadi tanpa memanggil jasa tukang las.Dengan menggunakan jenis mesin las ini sangat ekonomis dan praktis apabila ingin membuat kerajinan atau pengerjaan rumah tangga.Anda sebelum memulai pengerjaan dapat memperhatikan dan mempersiapkan hal-hal berikut.

Langkah - langkah Cara Pemakaian Mesin Las 900 watt :


- Pasanglah clamp massa


Anda harus memperhatikan clamp ini sesuai arusnya.Untuk clamp massa di terminal (-) dan tang penjepit untuk kawat las Pada posisi (+) jangan sampai terbalik.

Cara pemakaian mesin las listrik 900 watt
Baca Juga  : Cara Las Pipa Besi Agar Tidak Bocor

- Menghubungkan kabel power dengan sumber listrik


Tentunya kita sesuaikan kebutuhan listrik kita saat menggunakan mesin las ini yang melebihi daya yang diperlukan untuk mesin.Misalkan menggunakan sumber daya listrik yang lebih dari 900 watt.Apabia daya tidak terpenuh yang terjadi adalah hasil pengelasan kurang matang dan maksimal,serta mesin las drop.Anda juga bisa menggunakan generator protektor sebagai sumber listriknya.

- Penyesuaian Besar amper yang diperlukan


Penyesuaian ini diperlukan ketika memperoleh benda kerja tertentu,misalnya benda kerja plat yang tipis kita tidak usah menyeting amper yang terlalu besar yang mengakibatkan benda kerja mudah bolong,dan apabila benda kerja anda lumayan tebal maka ampernya bisa diseting lebih besar.Besar kecilnya amper juga berpengaruh dengan kematangan las anda.

- Penjepitan Tang Masa Mesin Las 900 watt


Penjepitan ini dilakukan kepada benda kerja yang akan kita las,penjepit tang masa ini berfungsi sebagai ground (-) pada mesin las,usahakan penjepitan yang kuat dan hindari kabel yang menghubungkan penjepit ini tidak acak-acakan,karena sewaktu proses pengelasan anda memakai topeng kabel las yang acak-acakan bisa tersulut api dari busur las.`

- Penutup mata berupa topeng las ataupun kaca mata khusus pengelasan


Sesuai SOP pengelasan kaca mata wajib dikenakan dalam proses pengerjaan.Sinar yang dihasilkan api las mengandung ultraviolet yang besar dan dapat merusak mata anda apabila melihat api las secara terus menerus,Topeng las ini juga berfungsi menghalau asap tebal mengenai mata anda dan menghalangi asap secara keseluruhan terhirup oleh hidung.

- Tang elektroda mesin las 900 watt


Tang elektroda mesin las 900 watt ini berfungsi sebagai penghantar listrik dari mesin las ke elektroda dan dirubah menjadi energi panas yang bisa melelehkan besi.Pemkaian elektroda ini harus disesuaikan dengan benda kerja,kemampuan mesin dan amper yang digunakan.Mesin las 900 watt ini termasuk mesin las berukuran kecil maka sebaiknya menggunakan elektroda berdiameter yang kecil,dan cara pengelasannya harus konstan pergerakan tangan sehngga tampilan las anda tidak berkelok-kelok dan alur yang tercipta terlihat rapi. Pada suatu pengerjaan Las biasanya tidak hanya kekuatan sambungan las yang diperhatikan namun juga kerapian alur hasil las,misalnya pengerjaan furnitur dari stainless, alumunium dan lain-lain.Kerapian ini tercipta ketika kita menggerakkan tang elektroda secara rileks,konstan dan sesuai sudut yang diterapkan.pergerakan tangan anda ke tang jepit yang terlalu cepat mempengaruhi sambungan kurang kuat dan tidak rapi,namun apabila terlalu lambat beresiko benda kerja bolong.

- Pembersihan terak atau fluk yang dihasilkan las


Fluk atau terak ini tercipta saat pelapis kawat elektroda yang terbakar,sedangkan kawatnya meleleh dan merekat membaur bersama benda kerja,sehingga terjadinya penyambungan antara kedua logam yang dikerjakan.Fluk yang tidak dibersihkan mengakibatkan benda kerja mudah berkarat dan tampilan hasil las sangat tidak rapi.Cara membersihkan fluk ini dengan menggunakan palu berukuran kecil dan diketok-ketok secara perlahan ke bekas pengelasan hingga rontok,kemudian kita sikat bekas pengelasan dengan sikat kawat.

Tips Perawatan Mesin Las Listrik Travo Inverter :


1. Sesuaikan elektroda dengan kemampuan yang telah di ijinkan sesuai kemampuan mesin.Selain memberikan hasil yang prima pengelasannya, penyesuain elektroda ini mempengaruhi mesin bekerja dengan maksimal.

2. Hindari menggunakan generator yang tidak dilengkapi penyetabil tegangan.Generator yang menghasilkan tegangan tidak teratur ini mengakibatkan regulator unit las inverter mudah rusak,dan suhu pengelasan yang kurang stabil menghasilkan kematangan las tidak merata.

3. Hindarkan cairan apapun disekitar mesin las inverter ini ,sirkuit konektor-konektor dan komponen lain apabila terkena cairan sangat sensitif mengakibatkan hubungan pendek

4. Bersihkan serbuk debu pada komponen mesin las inverter anda,Apabila serbuk yang ada dimesin las ini berupa serbuk besi yang kita anggap sepele suatu saat pasti terjadi hubungan pendek.

5. Walaupun mesin las ini dilengkapi dengan sensor thermostat,,anda harus senantiasa mengecek kepanasan atau tidak mesin las tersebut,apabila menjamin lebih amannya anda bisa menggunaan alternatif menyediakan kipas angin didekatkan dengan mesin las,untuk memperlambat overheat yang dialami mesin.

Baca Juga :  Cara las besi plat yang tipis

Hal diatas hanya sedikit ulasan tentang cara pemakaian Mesin las listrik 900 watt,dan masih banyak lagi mesin las dengan jenis lain yang bisa anda pelajari,seperti las argon, las karbit,las stainless dan lain-lain.Semoga sedikit ulasan saya diatas dapat membantu anda mendalami teknik-teknik pengelasan.