Cara Balancing Ban Mobil

Cara Balancing Ban Mobil..Bagi anda pengendara mobil sering kali merasakan goncangan atau ketidak stabilan dalam mengemudi entah setir mobil berat di putar kanan atau ke kiri dan dengan getaran pada saat kita menempuh kecapatan tertentu,tentu membuat sangat tidak nyaman.Biasanya mobil yang sering dipergunakan melewati medan yang tidak rata dengan kecepatan tinggi,merupakan faktor yang sangat menyumbang dalam ketidak nyamanan tersebut.Dan maka dari itu mobil anda sudah waktunya untuk di Spooring juga di balancing.
Pengertian spooring yaitu alignmet atau juga bisa disebut proses meluruskan kembali kedudukan roda-roda mobil anda seperti dulu kala setingan pabrik.Biasanya yang mendapatkan proses spooring adalah roda depan yang diluruskan.Kemudian di Balancing yaitu upaya menjaga keseimbangan pada titik atas,bawah,kiri,kanan roda dengan cara menambahkan timah pada bagian yang dianggap kurang,prooses ini biasanya diperlakukan ketika kita mengganti velg atau ban.Perhitungan balancing untuk mobil anda biasanya pada ukurun kilometer tempuh yang di lewati mobil anda.

Jenis-jenis Pengertian Balancing Roda Mobil


1.Balance Statis
Apabila ban yang dalam kondisi tidak balance yaitu terdapat titik pada bagian tertentu menjadi berat atau terlalu ringan.Spot Ketika masa diputar pada porosnya aka nampak pergerakan berputar secara tidak merata naik turun dan gelombang ke kanan dan ke kiri.

2.Balance dinamis
Balance dinamis ini terjadi ketika pada kedua ban mobil menerima beban tidak merata pada setiap sisinya atau sisi lateral pelek dan ban.sehingga ketika mobil jalan menghasilkan gerakan goyangan ,kondisi ban yang meliuk atau berputar oleng ,hal ini membuat stir mobil kita menjadi Shimmy.

Waktu Anda Harus membalancing /spooring

- Mobil anda sudah melaju melewati 10.000 km sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan
- Setelah melakukan pergantian beberapa komponen
- Setelah anda mengganti ban
- Apabila saat menyetir kemudi terasa berat tidak seperti biasanya sangat tidak nyaman dan ketika setelah berbelok setir tidak bisa kembali keposisi    awal
- Ketika anda mengemudi secara lurus,stir kita pegang secara terus menerus tapi mobil bergerak oleng kekanan dan ke kiri,biasanya kalau   kondisinya   sudah parah pada saat menginjak kecepatan rendah pun sudah sangat terasa.
- Apabila kita waktu pengecekan ban mobil kita lihat proses aus nya tidak merata dan tidak wajar atau aus dibagian sisi juga dibagian telapak.

Beberapa getaran pada mobil


Ketika kita sudah membalance ban mobil namun masih saja kita merasakan getaran itu,kita harus tau apa saja yang mempengaruhi getaran mobil anda selain mobil yang tidak balance
- Kelenturan dinding ban mobil yang tidak stabil
- setelan pelek yang jelek,sehingga oleng berlebihan ketika berputar
- Cara pemasangan ban yang tidak tepat pada porosnya
- ditemukannya kerusakan komponen sistem pengereman
- Suspensi yang rusak dan tidak bekerja dengan maksimal seperti mestinya
- Bearing / laker roda yang sudah rusak kocak atau aus
- Pada komponen pendukung pemindahan tenaga dan mesin yang aus dan rusak

Hal-hal pencegahan agar terhindar dari Ban mobil limbung


- hindari melakukan penggantian ban mobil dengan ban bekas
- Ketika kita mau spooring atau balancing ke bengkel pastikan bengkel memiliki alat yang standart
- Lakukan spooring secara berkala sesuai petunjuk pabrikan mobil,setiap mobil memiliki teknologi dan standar yang berbeda tentang suspensinya.
- Ketika pemasangan ban ban mobil ,pastikan rotasi sesuai petunjuk yang menempel di motif batik ban harus sesuai.
- Ketika di jalan mengalami ban bocor atau pecah,kita ganti dan memakai ban cadangan harus sama ukuran dengan ban mobil yang lainnya.

Berikut Adalah Cara Balancing Ban Mobil dengan Alat wheel Balancer


Sebelum kita memulai membalancing ban kita maka kita persiapkan dahulu alah keselamatan kerja/alat pelindung diri (APD)

- Pergunakan alat kerja harus sesuai fungsinya
- Pakailah pakaian kerja wear pack
- Seting kompresor sesuai tekanan yang diijinkan
- gunakan kaos tangan
- Kerjakan dengan rekan supaya mengurangi resiko kecelakaan kerja.

Alat dan bahan
- Sekrap
- amplas
- Mesin balance roda ( wheel balancer)
- Width measuring gauge/alat ukur
- timbel/timah/pembobot untuk keseimbangan
- tang potong




cara balancing ban mobil dengan Wheel balancer



Baca Juga : Cara Airbrush Motor Yang Benar

Langkah ketika mempraktekkan balance roda

- sebelum kita membalence sebaiknya kita mngendorkan mur roda yang menempel dengan kunci pas  atau ring

- Setelah kita selesai mengendorkan mur roda maka kita dongkrak kendaraan,pada bagian yang terkena dongkrak kita topang dengan jack stand

- Lepaslah mur roda tadi yang kita kendorkan dan kita lepas ban dari kendaraan

- Setelah itu kita memastikan tekanan udara di ban sesuai standar dan kita mulai bersihkan peleg dari pembobot atau blancer serta semua kotorang yang   menempel di permukaan

- Kita pasang  roda pada mesin whell balancer dan jangan lupa pasang mur secara kuat dengan kunci ring pas yang sudah kita siapkan

- Nyalakan whell balancer

- Atur angka yang ada pada papan wheel balancer ,angka yang terletak paling kiri menunjukkan jarak wheel balancer dengan roda,angka paling kanan   menunjukkan diameter peleg,dan angka paling tengan menunjukkan lebar peleg.

- Setela terdeteksi ketidak seimbangan itu ,ambil pembobot balencer sesuai dengan angka yang ditunjukkan pada mesin ,

- Setelah terpasang ,tutup penutup ban lal kita pencet tombol start lagi.

- Kita cek pada mesin,kalau hasilnya good sebelah dan sebelahnya menunjukkan tanda gud,berati roda anda berhasil di balancing

- Lepas roda dari mesin balencer dengan melepas pengunci roda pada dudukan roda.

- Lanjutkan pemasangan roda pada kendaraan.

Diatas adalah sedikit uraian tentang bagaimana cara membalancing ban mobil anda dengan mesin wheel balencer,semoga artikel ini dapat membantu dan segeralah mencoba ,semoga berhasil.